Rabu, 25 Juli 2012

Sambutan pada “Indonesia’s Excellent Achievement Award 2012 di Hotel Harris Tebet Jakarta (Abdul Muin Angkat Wakil Ketua Umum PPK Kosgoro)


 

Para hadirin hadirat para undangan yang kami hormati, ; Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama izinkan saya menyampaikan selamat atas terpilihnya bapak/ibu sekalian di dalam acara penganugrahan "Indonesian's Excellent Achievement Award 2012 " oleh yayasan Citra Insani sebuah Yayasan yang bergerak dalam pengembangan sumber daya manusia dan pada malam ini khusus memberikan penghargaan bagi orang-orang berprestasi tertinggi/ unggul di bidang pekerjaan dan sosial kemasyarakatan.

Virus N-Ach ( need for achievement ) oleh Mc Clelland adalah salah satu kebutuhan yang paling dasar setelah need for power (hasrat berkuasa), need for affiliation ( hasrat untuk dicintai ). . Mereka mempunyai hasrat untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan efisien di dalam pekerjaannya daripada yang telah dilakukan sebelumnya.

Dari riset mengenai kebutuhan berprestasi, Mc Clelland menemukan bahwa prestasi tertinggi membedakan diri mereka dari hasrat untuk menyelesaikan hal-hal yang lebih baik. Mereka selalu menemukan tanggung jawab pribadi di dalam pemecahan masalah, dimana mereka menemukan umpan balik yang cepat atas kinerja mereka. Mereka lebih tahu apakah suatu pekerjaan lebih baik atau atau tidak. Mereka paham bagaimana mencapai tujuan-tujuan yang lebih menantang kedepan. Peraih prestasi tertinggi bukanlah penjudi.yang terlalu berspekulasi utk meraih keberuntungan, Tetapi mereka adalah yang lebih menyukai peluang sukses 50%; 50%.. Mereka menyukai tantangan, mereka mengatasi rintangan dan mereka merasakan sukses atau gagal disebabkan mereka sendiri.

Kalau Need for power lebih mengutamakan dampak atau pengaruh bagaimana mengendalikan orang lain, mereka lebih peduli kepada orientasi status dan gengsi. Daripada kinerja yang efektif. Sedangkan Need for affiliation adalah hasrat utk diterima oleh orang lain.. Affiliation yang tinggi berjuang untuk persahabatan dan menyukai situasi yang kooperatif daripada kompetitif.

Dalam semangat reformasi inilah Indonesian's Excellent Achievement Award 2012, semakin relevan, ditengah krisis multidimensi yang melanda negeri ini sejak tahun 1998, dimana daya saingnya terpuruk di Dunia internasional.

Dalam sebuah laporan Bank dunia mencatat bahwa posisi daya saing Indonesia diantara 30 negara menempati urutan ke 28. Pada problem yang sama Indonesia menempati urutan ke 27 ; kurangnya usaha pemerintah untuk mendukung percepatan pembangunan dengan kebijakan IT..

Semoga usaha keras Yayasan Citra Insani guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang cerdas dan mumpuni dapat merangsang pemerintah untuk berusaha meningkatkan daya saing bangsa kearah yang lebih kompetitif.

Demikian sambutan singkat saya semoga penganugrahan Award yang diberikan pada malam yang berbahagia ini, berdampak positip bagi peningkatan mutu Sumber Daya Manusia, dan daya saing Indonesia di masa mendatang., Wabillahi taufiq walhidayah wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Terimakasih.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar