Sabtu, 06 Agustus 2011

Sambutan Wakil Keluarga dalam Resepsi Pernikahan ananda Shila Tania dengan Dipo Prakoso.

 Kalam.

Saya terkesan dengan ditunjuknya saya sebagai wakil keluarga dalam pernikahan keponakan saya Shila Tania dengan pujaan hatinya Dipo Prakoso di Aula Mesjid Al-Bakrie di Kuningan Epicentrum Jakarta awal Juli 2011 yang baru lalu.
Untuk tidak mengecewakan Abang Ir Dahlan Kadarisman yang Alm. Ibundanya Hajjah br Ujung sepupu ibu saya Alm. Hajjah S.H br Capah, saya mempersiapkan sambutan ini yang sebagian sumbernya saya lupa, tapi saya kutip sebagian besar dari Goegle, mohon maaf kalau saya tidak ingat lagi sumbernya.
Saya tuliskan kembali di dalam muin_angkat blokspot.com agar menjadi referensi bagi para pembaca yang tiba2 diserahkan tanggung jawab menyampaikan sambutan di dalam suatu resepsi pernikahan apalagi tempatnya di gedung atau Aula Mesjid yang representative, tentu menyimpan kenangan dan dalam suasana kebatinan sendiri.
 

Bismillahirohmanirrohim,

Assalamu alaikum warrahmatullohi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin, wash shalatu was salamu 'alaa asrafil anbiyaii wal mursalin, sayidinaa wamaulana Muhammaddin waala alihi wahsahbihi ajma'iin ama ba'du;

Para hadirin, hadirat , para undangan sekalian yang kami hormati, khususnya mempelai berdua yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Ilahi Rabbi, Allah Subhana wa taala, Allah yang maha pengasih dan penyayang, Allah yang maha pemurah dan pencurah rahmah ; dengan limpahan rahmatnya jua kita dapat berkumpul menghadiri undangan abanganda Keluarga besar bapak/ibu Ir.Dahlan kadarisman beserta bapak dan ibu keluarga besar Bambang lesmono , dalam acara resepsi pernikahan putri kami bernama Shila Tania, dengan pasangan hidup yang dicintainya yang bernama Dipo Prakoso, tanpa ada suatu halangan apapun. Mudah-mudahan akad nikah yang baru saja dilaksanakan pagi hari tadi mendapatkan berkah dari Allah subhanawataala. 

Kita ucapkan salawat dan salam atas junjungan kita Nabi Besar Muhammad sallahu alaihiwassalam, para sahabat dan kerabat, para aulia yang membimbing dan memberi contoh tauladan dan akhlakulkharimah. Para hadirin-hadirat undangan yang kami hormati, kami sekeluarga menyampaikan terimakasih yang tak terhingga dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran bapak/ibu hadirin pada malam yang berbahagia ini.

Rasanya tiada kata yang sempurna yang bisa untuk mengungkapkan perasaan kami sebagai orang tua pada saat yang indah ini, kecuali merasa bangga karena telah sampai pada penghujung pelaksanaan tanggung jawab menghantarkan putra putri kami sampai kegerbang kehidupan baru, untuk mewariskan tradisi melanjutkan keturunan dari generasi ke generasi.

Ananda berdua, pertama, sungguh kami sangat terharu mendengar ungkapan hati dalam izab Kabul pernikahan tadi, yang menunjukkan sikap matang dan dewasa. Kedua, kami merasa bahagia karena ananda telah menentukan pilihan membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah. Ketahuilah bahwa ada 5 faktor sumber kebahagiaan keluarga yaitu 1) Ber- iman dan bertaqwa, 2) setia dan santun antara suami istri, 3) dikaruniai putra/putri yang salih dan shalihah, 4)berbakti pada orang tua, 5) mendapatkan rezeki yang halal. Selama kita komit terhadap 5 faktor di atas, maka InsyaAllah pertolongan Allah akan selalu menaungi keluarga kita, amin. Oleh sebab itu, seluruh keluarga dengan ini memberikan restu dan memanjatkan doa agar ananda berdua mendapatkan berkah dan inayah dari Allah Swt.

Senada dengan itu kami sekeluarga juga memohon doa restu bapak/ibu para undangan yang kami muliakan berkenan memberikan restu kepada kedua mempelai.

Ananda berdua, seperti juga semua kita, akan dan telah membentuk keluarga yang saling menyinta dengan tulus ikhlas antara suami istri. Cinta dan kasih sayang yang yang lembut, rela berkorban dan saling melindungi, saling membutuhkan disebut sebagai keluarga mawaddah. Sebab dengan saling kasih mengasihi, sayang menyayangi, saling hormat menghormati, akan membangkitkan suasana kekeluargaan yang tenang mencapai keluarga yang sakinah ; suatu keluarga tempat suka dan duka dalam menempuh kehidupan.

Mawaddah dan sakinah akan mencurahkan rahmah, menebar kasih sayang dan kedamaian kepada sekeliling. Itulah tujuan pernikahan yang hakiki. Sungguh mulia tujuan pernikahan ini, berpeganglah teguh ananda, agar tujuan pernikahan tetap terjaga hingga akhir hayat.

Ananda berdua, Cintailah istri atau suami, hormati lah dia, jaga kehormatannya, berikanlah dia ketenangan dan kedamaian dalam rumahtanggamu.
Marilah kita memanjatkan doa kepada kedua mempelai , Barakallahu laka –wa
baraka'alaika wajama'a baina huma fi khoiriin. Amin ya rabbalalamin.

 
Demikianlah kata sambutan ini, mohon maaf sebesar-besarnya bila terdapat kesalahan /kekhilafan kami khususnya di dalam penerimaan dan pelayanan pelaksanaan resepsi pernikahan ini. "Bila ada jarum yang patah, jangan disimpan di dalam laci, Bila ada kata yang salah, jangan disimpan di dalam hati"; Alhaqqu mir robbi kaa, wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warrahmatullahu wabarakatuh.(a.m.a)

 

12 komentar:

  1. Terimakasih Pak, ini sangat membantu untuk referensi saya yang sedang menyiapkan pernikahan

    BalasHapus
  2. Alhamd. Yg ane cari ada dsini sambutannya, trims.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, ijin copy ya, akan ane pake sebagian yg kebetulan ditunjuk juga ngasih sambutan resepsi pernikahan ponakan nih.. thx

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak, bisa sebagai penambah referensi.

    BalasHapus
  5. terima kasih, ijin copy mhn diikhlaskan

    BalasHapus
  6. trmakasih, bagus baget..

    BalasHapus
  7. Terima kasih pak, ijin unduh. Klu ada kata sambutan oleh wakil undangan pak. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Bagus banget pak, izin copy yaa, semoga jadi amal shaleh

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, mohon ijin copy ya, mudah2an lebih bermanfaat.

    BalasHapus