Minggu, 13 Januari 2013

Penganugrahan The Best Achievement For The Higher Dedication in Public Services Award 2013 oleh Drs Abdul Muin Angkat MM, Wakil Ketua Umum PPK Kosgoro


 

Para hadirin hadirat para undangan yang kami hormati, ; Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat Tahun Baru 2013, semogasemakin sukses.

Pertama-tama izinkan saya menyampaikan selamat atas terpilihnya bapak/ibu sekalian di dalam acara penganugrahan "The Best Achievement For The Higher Dedication in Public Services Award 2013" oleh yayasan Citra Insani dibawah pimpinan Ibu Endang Giriwati. S

Award ini adalah suatu penghargaan yang diberikan bagi orang-orang yang ber-dedikasi tinggi dan berprestasi dan unggul dalam pengabdian Pelayanan Publik yang dipantau oleh Yayasan secara khusus.

Disamping Teori motivasi oleh Maslow, ada tiga kebutuhan dasar manusia yang diperkenalkan oleh Mc Clelland yaitu, N-Ach ( need for achievement ) adalah salah satu motif kebutuhan untuk berprestasi dan diakui oleh masyarakat. Kedua, Need for
power, Keinginan untuk mendapatkan kekuasaan. Beberapa factor kelemahan yang harus diwaspadai adalah orientasi status,gengsi,dan sikap pragmatis,dan korupsi. Ketiga, Need for affiliation ( hasrat untuk dicintai ). .Secara umum Need for Achievement, adalah hasrat untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan efisien di dalam pekerjaannya daripada yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa "The Best Achievement for The higher Dedication in Public Services Award 2013" = Suatu anugrah dan penghargaan atas dedikasi yang tinggi prestasi terbaik didalam Pelayanan Publik.


 

Dari Studi Mc Cleland dalam "The Achieving Society" mengatakan bahwa dorongan psikologis memotivasi masyarakat utk mencapai kemajuan adalah dengan mengubah sikap mental. Selanjutnya Mc Clelland menemukan bahwa prestasi unggul dapat diketahui dari hal-hal sbb;

1). Punya hasrat menyelesaikan hal terbaik dengan rasa tanggung jawab tinggi, 2) Mampu memecahkan masalah dan menemukan feed back atas kinerja 3) Mempunyai visi kedepan. "The Best Achiavement", adalah mereka peraih prestasi tinggi, bukan penjudi yang spekulatif, Mereka adalah pekerja keras yang suka tantangan dan mencari solusi, dan suka peluang sukses 5o% : 50%.

Dalam Era kompetitif sekarang, The Best Achievement for The Higher Dedication in Public Services Award
2013, semakin relevan, ditengah krisis multidimensi yang melanda negeri ini dimana daya saing Indonesia terpuruk di Dunia internasional.

Dalam sebuah laporan Bank dunia mencatat bahwa posisi daya saing Indonesia diantara 30 negara menempati urutan ke 28. Pada problem yang sama Indonesia menempati urutan ke 27 ; kurangnya usaha pemerintah untuk mendukung percepatan pembangunan dengan kebijakan IT..

Semoga usaha keras Yayasan Citra Insani guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang cerdas dan mumpuni dapat merangsang pemerintah untuk meningkatkan daya saing bangsa kearah yang lebih kompetitif.

Sebagai oleh-oleh dari Jakarta kami patut direnungkan, fenomena Jakowi yang blusak-blusuk menyapa masyarakat feriferal, masyarakat yang terpinggirkan, adalah suatu dedikasi kemanusiaan yang patut diapresiasi. Mereka adalah kaum miskin papa yang terkena dampak pembangunan kemanusiaan yang tidak adil. Jakowi adalah sosok pamong yang melayani masyarakat, mengayomi dan dekat dihati rakyat. Dia bukan 'pangreh praja' yang bergaya feodal, dan jauh dihati rakyat.

Akhirul kalam semoga penganugrahan Award yang diberikan pada malam yang berbahagia ini, berdampak positip bagi peningkatan mutu Sumber Daya Manusia, dan daya saing Indonesia di masa mendatang., Wabillahi taufiq walhidayah wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh..

Terimakasih.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar